Sabtu, 13 Agustus 2011

Taman Ujung

Taman Ujung Karangasem Bali



Banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali melewatkan objek wisata yang ada di daerah saya yaitu Karangasem dengan objek wisatanya yaitu Taman Ujung. Karena letaknya yang cukup jauh dari kota Denpasar membuat para wisatawan enggan mengunjunginya atau bahkan banyak wisatawan yang tidak mengetahui keberadaannya. Jangankan wisatawan warga Bali pun tidak semuanya mengenal Taman Ujung. Banyak paket-paket wisata yang ditawarkan oleh dinas pariwisata Bali tapi sering kali objek wisata ini luput untuk dikunjungi. Untuk lebih mengetahui seperti apa Taman Ujung, berikut penjelasan yang saya peroleh:
 
Taman Soekasada Ujung merupakan salah satu  situs kerajaan, berlokasi di dekat pantai di desa Tumbu, kecamatan Karangasem yang dikembangkan sebagai salah satu kawasan pariwisata kabupaten Karangasem. Jaraknya  sekitar 10 dari kota Amlapura ,  ke arah selatan, 30 menit dari kawasan pariwisata Candidasa, dan kira-kira 2 jam jaraknya dari kota Denpasar.
Taman yang dibangun oleh Raja Karangasem: I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem dengan konsep sempurna ini merupakan kebanggaan warga Karangasem karena awalnya memiliki luas hampir 400 hektar, tetapi sekarang hanya sekitar 10 hektar karena tanah tersebut sebagian besar sudah dibagikan kepada masyarakat pada masa landreform. Kepemilikan Taman Ujung ini sekarang sudah diwariskan kepada ahli waris keluarga Puri Karangasem sehingga statusnya menjadi taman milik pribadi tetapi pengunjung umum diperkenankan mengunjungi taman yang tampak megah ini.

 Taman Ujung yang merupakan salah satu masterpiece Bali dibangun pada tahun 1909 oleh prakarsa Raja Karangasem Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem dengan melibatkan arsitek Belanda yang bernama van Den Hentz dan seorang arsitektur Cina bernama Loto Ang. Pembangunan Taman Ujung juga banyak melibatkan arsitektur (undagi) tradisional serta mendapat petunjuk dari Mr. Wardodjojo seorang teknisi dari Dinas Pekerjaan Umum. Taman Ujung sebenarnya merupakan pengembangan Kolam Dirah yang telah dibangun lebih awal pada tahun 1901.
Dalam areal Taman Soekasada Ujung terdapat beberapa bangunan juga kolam besar dan luas. Ada 3 ( tiga ) buah pintu masuk atau gerbang menuju areal taman. Gerbang utama berada pada ketinggian di sisi barat sebagai entrance yang disebut “Bale Kapal” karena dulunya bangunan ini dibuat menyerupai sebuah kapal. Selanjutnya dari entrance bale ini pengunjung menuju areal taman dengan menuruni ratusan buah anak tangga. Dari tempat inilah keseluruhan areal taman dapat dinikmati.

 
Taman Soekasada Ujung dikembangkan sebagai obyek wisata budaya karena kemegahan dan kekhasan bangunan yang merupakan perpaduan antara arsitektur Bali dan Eropa. Kondisinya yang rusak berat akibat letusan Gunung Agung – gunung terbesar di Bali – pada tahun 1963 semakin diperparah lagi dengan terjadinya gempa hebat di tahun 1976 yang meninggalkan puing-puing bangunan, namun tidak meninggalkan kesan megahnya. Untuk mengembalikan kemegahan Taman Soekasada Ujung, maka pada tahun 2001-2003 Pemerintah Kabupaten Karangasem memanfaatkan dana bantuan Bank Dunia membangun kembali Taman Soekasada Ujung dengan tujuan untuk mengembalikan keberadaannya kepada bentuk semula demi melestarikan warisan budaya yang menjadi kebanggaan Karangasem.eh diTaman Ujung Bagus juga lho buat foto prawed,,,,hehe,,,,jadi itu informasi yang saya dapat tentang objek wisata Taman Ujung yang saya dapat sampaekan,mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca Blog saya,jadi bila ada waktu atau lagi liburan di Bali singgahlah ke Karangasem atau ke objek-objek wisata yang terdapat di Karangasem.Kalau mungkin perlu pemandu atau hal-hal yang mau ditanyakan bisa comen di bawah yaw,,,,,,,Aku tunggu kedatangannya yaw,,,,





7 komentar:

  1. topp.... gali trus potensi bali

    BalasHapus
  2. Bali emank indah Kawan..........!!!!!!!

    BalasHapus
  3. tiyang uling di karangasem masi bli , uli di abang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok brow,,,
      rage karangasem sidemen brow,,

      Hapus