Sabtu, 13 Agustus 2011

Desa Tenganan

Desa Tenganan Karangasem Bali
 
Untuk lebih mengetahui seperti apa Desa Adat Tenganan, berikut penjelasan yang saya peroleh:

Desa Adat Tenganan adalah salah satu dari Bali Aga atau Bali Mula atau Bali Asli. Salah duanya adalah Desa Adat Trunyan. Lihatlah foto disamping. Saya benar-benar terpesona melihat kealamian Desa Tenganan,

Secara topografi Desa Tenganan terletak diantara perbukitan di timur Bali, masuk dalam Kabupaten Karangasem. Jarak tempuh kurang lebih 17km dari Ibu Kota Kabupaten Amplapura , atau sekitar 65km dari Ibu Kota Propinsi Denpasar. Jangan bayangkan perjalanan panjang yg amat melelahkan, tapi sepanjang jalan akan disuguhkan pemandangan yg sangat indah.


Gambar diatas adalah salah satu gambar desa Tenganan dan aktifitas seorang nenek di Desa Tenganan,sangat antik dan alami banget kan,,,Lalu kenapa sih disebut Bali Aga? Karena Tenganan mempunyai pola kehidupan masyarakat yg berbeda dari desa-desa di Bali daratan lainnya. Adapaun beberapa keunikan yg dimiliki Tenganan sehingga kita wajib berkunjung adalah :
1. Sistem ritual khusus dalam frekuensi tinggi , dengan menyuguhkan perpaduan agama, seni dan solidaritas sosial. Contohnya dalam gambar dibawah :


2. Tradisi mekare-kare setiap bulan Juni yaitu tradisi perang pandan dalam kontek ritual, nilai religius, semangat perjuangan dan uji ketangguhan fisik yang diiringi oleh gambelan tradisional selonding. Contohnya seperti gambar dibawah :
 


 
3. Seni kerajinan tenun ikat kain geringsing dengan design dan tata warna khas, serta memiliki bentuk, fungsi dan makna estetis yang tinggi. Kain ini dipakai pada waktu upacara dimana dipercaya dengan memakai kain ini akan terhindar dari penyakit. Kata Geringsing sendiri berasal dari bahasa Bali yaitu “gering” yang berarti penyakit keras dan “sing” berarti tidak.
Ini contohnya :



Masyarakat dan kebudayaan Tenganan merupakan tempat yang kaya bagi kajian ilmu antropologi, arkeologi, hukum adat sejarah dan sastra dengan penduduk kurang lebih 550 jiwa.
jadi demikian informasi yang saya dapat tentang objek wisata Desa Adat Tenganan yang saya dapat sampaekan,mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca Blog saya,jadi bila ada waktu atau lagi liburan di Bali singgahlah ke Karangasem atau ke objek-objek wisata yang terdapat di Karangasem. Kalau mungkin perlu pemandu atau hal-hal yang mau ditanyakan bisa comen di bawah yaw,,,,,,, Aku tunggu lhow kedatangannya yaw,,,,,,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar