Kamis, 11 Agustus 2011

Pantae Tulamben


Pantae Tulamben Karangasem Bali
Objek wisata pantae Tulamben saya posting diBlog saya berhubungan dengan tugas dari kampus tentang kepariwisataan,kebetulan saya dari Karangasem jadi saya akan memporomosikan objek-objek wisata yang ada di sekitar Karangasem atau tanah kelahiran saya yang sangat indah ini,menurut teman-teman apakah itu pantae Bunaken??? Bukan bukan..sama indahnya benar..hehe..ini masih di Bali kok, masih di Bali Timur,Lalu dimanakah ini?? Iyak benar ini adalah Tulamben, surganya para pecinta snorkling dan diving. 
Tulamben ini adalah sebuah desa di pesisir timur pulau Bali. Tempat ini sangat dinekal oleh para penyelam di seluruh dunia. Tempat ini adalah lokasi karam kapal USAT Liberty Glo (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat dari Amerika Serikat pada tahun 1942).

Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 25 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut.
Kecamatan Kubu, di bagian utara Kabupaten Karangasem ,sekitar ±25 km dari Kota Amlapura, 37 km dari obyek wisata Candidasa da kira-kira 50 km dari rumah saya lho,,,,hehe cukup jauh kan,,. Akses menuju lokasi mudah dicapai karena letaknya di pinggir jalan raya jurusan Amlapura – Singaraja. Tulamben kemudian dikembangkan menjadi kawasan pariwisata yang meliputi 2 kecamatan, yaitu Desa Tulamben di Kecamatan Kubu; Desa Datah, Desa Labasari, Desa Culik, Desa Purwakerti, dan Desa Bunutan di Kecamatan Abang.


Desa ini dapat berkembang menjadi obyek wisata yang cukup di gandrungi karena memiliki potensi laut yang beraneka ragam. Pantai yang berlokasi di Karangasem ini bisa dijangkau dalam waktu sekitar tiga jam. Tidak seperti Kuta, di pantai yang terletak di sisi timur pulau Bali itu Anda tidak bisa berjemur atau bermain bola di atas pasir, karena pantainya tidak berpasir tapi berbatu. Daya tarik utama Tulamben adalah potensi alam bawah lautnya yang eksotis untuk kegiatan diving dan snorkeling karena kondisi airnya yang jernih sepanjang tahun dan arusnya yang tenang. Anda juga dapat menikmati pemandangan indah gunung Agung yang menjulang dengan anggun. Penggemar trekking dan hiking dapat memulai pendaki dari kawasan ini. Di sepanjang perjalanan menuju gunung Agung itu Anda akan dapat menikmati pemandangan kawasan timur Bali dan Pulau Lombok di seberang selat.
Jadi nggak ada salahnya kan kalau anda menyempatkan diri untuk mengujungi tempat ini saat anda ada di Bali. Saya sudah membuktikan sendiri seindahan pantai ini, meskipun nggak menyelam tapi keindahan pantai berbatunya sudah cukup untuk menbuat saya terpukau.mungkin nantinya jika anda bisa kesini atau berwisata kesini akan merasakannya,,, =) jadi itu informasi yang saya dapat tentang objek wisata Taman Ujung yang saya dapat sampaekan,mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca Blog saya,jadi bila ada waktu atau lagi liburan di Bali singgahlah ke Karangasem atau ke objek-objek wisata yang terdapat di Karangasem.Aku tunggu kedatangannya yaw,,,,Kalau mungkin perlu pemandu atau hal-hal yang mau ditanyakan bisa comen di bawah yaw,,,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar